Karakter Pulau Di Kepulauan Indonesia

Karakter Pulau di wilayah kedaulatan Republik Indonesia adalah menjadi ciri sekelompok pulau (ribuan pulau). Perbedaan ini (pulau dan negara-negara kepulauan) adalah pulau tiga (3) mil sehingga menciptakan “kantong” lautan. Indonesia adalah kepulauan yang terdiri dari sekelompok pulau. Batas laut teritorial adalah 12 mil dari titik terluar pulau ke laut lepas. Seperti diketahui bahwa ada 5 Large Island Cluster di Indonesia yang terdiri dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Barat.

Namanya sendiri disebut Negara Kepulauan yang berarti bahwa pulau-pulau di Indonesia mempunyai karakteristik yang terdiri dari banyak pulau, telah membantu melestarikan sebagai warisan laut Indonesia. Pulau ini terbagi menjadi dua wilayah, bagian barat yang dikuasai oleh Indonesia dan tahu tentang tempat wisata yang ada di sana.  Sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Papua. dan berbagai biota laut lainnya yang hidup di gugusan pulau. Papua adalah provinsi terbesar dan paling timur di Indonesia. Di Papua, kaya tembaga dan emas sangat melimpah. Kepulauan Raja Ampat adalah sekelompok pulau yang terletak berjajar indah.

Kepulauan Di Perbatasan Indonesia

Pulau kecil tak berpenghuni yang berbatasan dengan Singapura, 80 persen adalah karang batu mati dan 20 persen batu pasir. Luas oval sekitar 60 hektar, di mana pulau ini digunakan untuk menambang pasir. Akibatnya, ada abrasi yang mengancam tenggelamnya pulau di tengah pengiriman lalu lintas internasional berfrekuensi tinggi. Terletak di Selat Malaka yang berbatasan dengan Malaysia, tidak berpenghuni, sekitar 2,5 kilometer persegi dan dikelilingi oleh hamparan terumbu karang. Memiliki kekayaan alam dalam bentuk keindahan terumbu karang bawah laut dan hutan tropis dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, rentan terhadap penangkapan ikan ilegal dan pendudukan efektif dari negara-negara tetangga.

Tinggalkan komentar

Filed under Kepulauan

Tinggalkan komentar